Kriteria Rumah Ideal Dalam Islam

7 December 2019

Rumah merupakan awal dari segala aktivitas, basecamp untuk sebuah keluarga. Membangun konsep baiti jannati bukan hanya tugas salah satu dari pihak penghuni rumah tersebut. Ayah, Bunda, Kakak dan Adik saling melengkapi untuk membangun konsep baiti jannati. Rumah pula adalah tempat pembinaan paling baik, karena semua berawal dari rumah. Bagi anak- anak rumah adalah segalanya.

Karena itulah rumah menjadi tempat yang nyaman, kenapa? Karena apapun yang akan kita lakukan rumah adalah tempat ternyaman untuk mengekspresikan ke gundahan dalam hati. Selain tempat yang nyaman rumah adalah tempat untuk belajar atau sebagai sumber ilmu. Baik ilmu pengetahuan umum maupun ilmu-ilmu agama yang dapat mengundang keberkahan Allah.Bahkan ilmu yang tak dapat kita temukan dalam sebuah bangunan sekolah sekali pun. Seperti ilmu saling menyayangi antar anggota keluarga. Rumah bisa dijadikan sebagi tempat edukasi ibadah paling baik. Karena anggota keluarga akan saling mengingatkan dalam hal kebaikan (sumber : islampos.com).

Lalu, seperti apa sih kriteria rumah ideal dalam islam? Adapun kriteria tersebut antara lain :

1. Membangun rumah yang baik

Pada dasarnya islam menyukai keindahan dan kecantikan. Rumah yang baik disini adalah rumah yang kokoh bangunannya, indah dekorasinya, cukup ventilasi dan terjaga kebersihannya. Sebagaimana Allah SWT juga senantiasa menghalalkan hal-hal yang baik dan sebaliknya mengharamkan yang buruk, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat berikut :

    (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Qs Al Isra : 157)

2. Arah bangunan dan Tata ruang yang sesuai syariat

Seorang muslim dianjurkan untuk membangun rumah dengan menyesuaikan atau menghadap ke arah kiblat dan ruang shalat atau yang digunakan untuk beribadah juga sebaiknya menghadap ke kiblat. Meskipun demikian, sebuah ruang yaitu WC atau toilet sebaiknya dibangun tidak menghadap kiblat sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini

Rasul bersabda:  

Apabila engkau ke WC, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya ketika kencing atau buang air besar, tetapi menghadaplah ke timur atau ke barat. (Shahih Muslim No.388)

3. Sanitasi dan aliran air yang baik

Dalam suatu rumah yang ideal harus terdapat cukup ventilasi agar udara didalamnya dapat mengalir dan menghindari masalah kesehatan serta untuk mencegah penyakit. Memiliki rumah dengan ventilasi dan sanitasi yang baik akan membuat penghuninya sehat dan hidup lebih baik. Intinya kebersihan udara maupun rumah haruslah selalu terjaga dengan baik. Selain itu, air yang ada pada kamar mandi sebaiknya mengalir dan biasakan untuk mandi dengan air mengalir tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini :

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

 “Janganlah seseorang di antara kamu mandi dalam air yang tergenang (tidak mengalir) ketika dalam keadaan junub.” (HR Muslim)

4.Tidak menghiasi rumah dengan patung atau lukisan makhluk

Malaikat tidak akan masuk dalam rumah dimana terdapat patung dan lukisan dari makhluk hidup oleh sebab itu rumah seorang muslim hendaknya tidak menyimpan hal-hal yang demikian. Boleh saja menghias rumah dengan lukisan atau hiasan namun ada baiknya jika hiasan tersebut tidak menyerupai bentuk atau tampilan makhluk ciptaan Allah SWT. Sebagai gantinya Anda bisa meletakkan atau menghias rumah dengan hiasan kaligrafi pada dindingnya.

5.Menanam pohon di area rumah

Pohon adalah makhluk hidup ciptaan Allah SWt yang menghasilkan oksigen dan menanam pohon sebagai bentuk penghijauan lingkungan diarea rumah adalah suatu perbuatan baik dan bisa menjadi lingkungan rumah sebagai rumah yang ideal. Menanam pohon tidak hanya akan membuat rumah terlihat asri tetapi juga sejuk dan segar karena pohon yang ditanam bisa menghasilkan oksigen.

Jadi, apakah rumah anda sudah tergolong dalam kriteria di atas? (sumber : dalamislam.com)